Rabu, 19 Desember 2007

PRICING STRATEGY AND EXECUTION: AN OVERLOOKED WAY TO INCREASE REVENUES AND PROFITS

Selain strategy pada teknologi, pelaksanaan strategi penentuan harga adalah salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan dan profit. Dalam menentukan harga, pengembangan strategi penetapan harga dan implementasi dari strategi mempengaruhi konsistensi dan suksesnya penjualan. Beberapa perusahaan melihat sebagai kesempatan strategy yang potensial. Penentuan harga itu berlaku khusus, variasi harga digunakan pada beberapa perusahaan dengan multiproduk.

Empat macam penentuan harga:

1. Strategi penentapan harga untuk perusahaan yang sudah ada

2. Strategi penentapan harga untuk perusahaan baru

3. Manajemen harga untuk perusahaan baru

4. Manajemen harga untuk perusahaan yang sudah ada

Dalam prakteknya untuk mempermudah proses dan sistematika penetuan harga, perusahaan dapat menggunakan software and tools. Tujuan dari masing-masing software untuk membuat keunggulan secara nyata dalam empat proses dalam sebuah organisasi :

  1. Kebijakan penetuan harga
  2. Optimalisasi kuota
  3. Penunjang kebijakan harga
  4. Menganalisis profitabilitas pelanggan

Aplikasi software itu dapat berjalan sendiri-sendiri atau terintegrasi dalam sebuah system tertentu. Dalam banyak kasus dijumpai bahwa project penetapan harga yang sukses menghasilkan tingkat keuntungan yang tinggi. Pengembangan strategi penetapan harga dan eksekusinya dapat menghasilkan capital market benefit. Jadi, dalam software penentuan harga terdapat bererapa macam informasi seperti :

  1. Harga rata-rata yang dibayarkan untuk sebuah produk pada level kuantitas tertentu.
  2. Harga rata-rata yang dibayarkan oleh konsumen dimasa lalu.
  3. Harga yang diprediksikan konsumen mau untuk membayar.
  4. Estimasi harga tertinggi yang mau dibayarkan oleh konsumen.
  5. Estimasi komisi berdasarkan empat harga potensial diatas.

Ada beberapa metode penentuan harga pada industri high-tech yaitu :

  1. Named user pricing
  2. Tiered pricing
  3. Hybrid pricing
  4. Concurrent user pricing
  5. CPU pricing
  6. Bundled pricing
  7. Upgrade pricing
  8. Site license pricing

Untuk strategi objek yang berbeda dibutuhkan penetapan harga yang mendukung strategi itu. Pendekatan harga yang berbeda untuk perusahaan high tech dapat mendukung pemasaran dan pencapaian tujuan strategis perusahaan. Eksekusi penetapan harga menawarkan kepada perusahaan yang sedang berkembang maupun maju sebuah pendekatan yang memiliki resiko lebih rendah dalam hal pendapatan, margin, keuntungan, dan pertumbuhan nilai bagi pemegang saham dari pada inovasi dan akuisisi. Perusahaan akan memeperoleh keuntungan secara financial yang lebih baik bilamana perusahaan itu memadukan model bisnis yang inovatif dan membuat akuisisi dengan eksekusi penetapan harga yang baik.

Tidak ada komentar: